Kamis, 20 Oktober 2016

Tugas Pengantar Bisnis Informatika#

Naratif Wawancara Perusahaan INDOCOM

Kami diberikan tugas softskill oleh dosen mata kuliah pengantar bisnis informatika yaitu mewawancarai perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis informatika (IT). Dimana perusahaan tersebut memberikan jasa atau menjual barang yang bergerak dibidang IT.  Kami kelompok 3, berkesempatan mewawancarai perusahaan yang bernama Indocom yang berlokasi di deretan ruko Jalan Komjen Pol Jasin atau yang lebih dikenal jalan akses UI. Kami mewawancarai narasumber yaitu bapak Wakhid, beliau adalah salah satu pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut. Pendiri sekaligus pemilik perusahaan Indocom adalah bapak Nanum. Perusahaan Indocom berdiri pada tanggal 25 Januari 2010. Perusahaan ini bergerak pada bidang IT dengan memberikan jasa service hardware komputer, menyediakan aksesoris komputer, dan maintenance.
Pada perusahaan Indocom terdapat dua pegawai yang di pekerjakan yaitu bapak Wakhid dan ibu Rizka. Bapak Wakhid bekerja sebagai pegawai yang melayani pelanggan untuk service hardware pada computer, sedangkan ibu Rizka sebagai pegawai yang melayani transaksi pembayaran service hardware oleh pelanggan. Perusahaan hanya memiliki satu cabang perusahaan dan juga tempat perusahaan yang ditempati untuk menjalankan usaha jasa ini masih mengontrak dan belum memiliki tempat perusahaan yang tetap. Meskipun perusahaan masih merintis, namun mereka telah memiliki izin usahanya. Perusahaan Indocom merupakan perusahaan mandiri atau tidak memiliki kerjasama perusahaan lain. Sempat perusahaan ingin melakukan kerjasama dengan satu sekolah yaitu SMP SMP Ar-Rahman Citayam Bojong, namun tidak terlaksana karena alasan tertentu. Cara perusahaan memperkenalkan atau mempromosikan kepada orang lain yaitu dengan hanya melalui pembicaraan orang ke orang saja serta melalui social media yang dimiliki pegawai masing-masing.
Ketika pegawai sedang melakukan service hardware terjadi ketidaktersediaan spare part, pegawai akan mencari spare part di perusahaan jika tidak ada juga maka membeli spare part di central yaitu di Mangga 2, Jakarta. Apabila terjadi masalah jika pelanggan merasa mengalami kerugian saat selesai service komputer, cara perusahaan mengatasinya yaitu dengan mengganti rugi sesuai harga barang yang di service sebelumnya milik pelanggan. Perusahan memberikan pelayanan yang terbaik semaksimal mungkin kepada pelanggan, bahkan dapat menerima service hardware atau barang yang tidak bisa perusahaan lain kerjakan. Perusahaan memberikan garansi selama 2 minggu kepada pelanggan hardware service yang telah melakukan service diperusahaannya, namun untuk software service tidak berlaku. Perusahaan berencana untuk mengembangkan usaha dibidang lain yaitu perusahaan ingin mengembangkan dibidang software dan jaringan server.
Perusahaan Indocom bukan merupakan perusahaan yang besar, namun perusahaan ini dapat menghasilkan omset atau pendapatan sekitar 15 hingga 23 juta per bulan. Nominal angka yang cukup besar untuk perusahaan yang melayani jasa service hardware ini, meskipun masih merintis mereka bisa mendapatkan penghasilan besar per bulannya. Target omset atau pendapatan perusahaan dalam sehari adalah kurang lebih 1 juta sehari. Sistem penggajian karyawan yang digunakan pada perusahaan ini adalah statis yaitu diberikan secara per bulan dengan standar umr. Pengusaha berharap terhadap perusahaan Indocom dapat lancar menjalani perusahaan yang sedang berjalan dan dapat memperluas cabang perusahaan. Semua perusahaan pasti pernah mengalami yang namanya jatuh bangun dalam suatu perusahaan dalam merintis sesuatu, tapi perusahaan Indocom masih berjalan dan bertahan dari tahun 2010 hingga sekarang yaitu 2016.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar