Naratif Wawancara Perusahaan INDOCOM
Kami diberikan tugas softskill oleh dosen mata kuliah
pengantar bisnis informatika yaitu mewawancarai perusahaan yang bergerak dalam
bidang bisnis informatika (IT). Dimana perusahaan tersebut memberikan jasa atau
menjual barang yang bergerak dibidang IT. Kami kelompok 3, berkesempatan mewawancarai
perusahaan yang bernama Indocom yang berlokasi di deretan ruko Jalan Komjen Pol
Jasin atau yang lebih dikenal jalan akses UI. Kami mewawancarai narasumber
yaitu bapak Wakhid, beliau adalah salah satu pegawai yang bekerja di perusahaan
tersebut. Pendiri sekaligus pemilik perusahaan Indocom adalah bapak Nanum.
Perusahaan Indocom berdiri pada tanggal 25 Januari 2010. Perusahaan ini
bergerak pada bidang IT dengan memberikan jasa service hardware komputer,
menyediakan aksesoris komputer, dan maintenance.
Pada perusahaan Indocom terdapat
dua pegawai yang di pekerjakan yaitu bapak Wakhid dan ibu Rizka. Bapak Wakhid
bekerja sebagai pegawai yang melayani pelanggan untuk service hardware pada
computer, sedangkan ibu Rizka sebagai pegawai yang melayani transaksi
pembayaran service hardware oleh pelanggan. Perusahaan hanya memiliki satu
cabang perusahaan dan juga tempat perusahaan yang ditempati untuk menjalankan
usaha jasa ini masih mengontrak dan belum memiliki tempat perusahaan yang
tetap. Meskipun perusahaan masih merintis, namun mereka telah memiliki izin
usahanya. Perusahaan Indocom merupakan perusahaan mandiri atau tidak memiliki
kerjasama perusahaan lain. Sempat perusahaan ingin melakukan kerjasama dengan
satu sekolah yaitu SMP SMP
Ar-Rahman Citayam Bojong, namun tidak terlaksana karena alasan tertentu.
Cara perusahaan memperkenalkan atau mempromosikan kepada orang lain yaitu
dengan hanya melalui pembicaraan orang ke orang saja serta melalui social media
yang dimiliki pegawai masing-masing.
Ketika pegawai sedang melakukan
service hardware terjadi ketidaktersediaan spare
part, pegawai akan mencari spare part
di perusahaan jika tidak ada juga maka membeli spare part di central yaitu
di Mangga 2, Jakarta. Apabila terjadi masalah jika pelanggan merasa mengalami
kerugian saat selesai service komputer, cara perusahaan mengatasinya yaitu
dengan mengganti rugi sesuai harga barang yang di service sebelumnya milik
pelanggan. Perusahan memberikan pelayanan yang terbaik semaksimal mungkin
kepada pelanggan, bahkan dapat menerima service hardware atau barang yang tidak
bisa perusahaan lain kerjakan. Perusahaan memberikan garansi selama 2 minggu
kepada pelanggan hardware service yang telah melakukan service diperusahaannya,
namun untuk software service tidak berlaku. Perusahaan berencana untuk mengembangkan usaha dibidang lain yaitu perusahaan
ingin mengembangkan dibidang software dan jaringan server.
Perusahaan Indocom bukan merupakan
perusahaan yang besar, namun perusahaan ini dapat menghasilkan omset atau
pendapatan sekitar 15 hingga 23 juta per bulan. Nominal angka yang cukup besar
untuk perusahaan yang melayani jasa service hardware ini, meskipun masih
merintis mereka bisa mendapatkan penghasilan besar per bulannya. Target omset
atau pendapatan perusahaan dalam sehari adalah kurang lebih 1 juta sehari.
Sistem penggajian karyawan yang digunakan pada perusahaan ini adalah statis
yaitu diberikan secara per bulan dengan standar umr. Pengusaha berharap
terhadap perusahaan Indocom dapat lancar menjalani perusahaan yang sedang
berjalan dan dapat memperluas cabang perusahaan. Semua perusahaan pasti pernah
mengalami yang namanya jatuh bangun dalam suatu perusahaan dalam merintis
sesuatu, tapi perusahaan Indocom masih berjalan dan bertahan dari tahun 2010
hingga sekarang yaitu 2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar