Senin, 23 Juni 2014

LA Praktikum ke-5 Lab TI



LAPORAN AKHIR


Mata Praktikum    :           Algoritma dan Pemrograman 2A (AP 2A)

Kelas                     :           1IA16

Praktikum Ke-       :           5 (Lima)

Tanggal                  :           30 April 2014

Materi                     :           Percabangan pada Delphi

NPM                       :           59413607

Nama                     :           Yunita Rahman

Ketua Asisten      :            Febrian Reza

Nama Asisten      :          

Paraf Asisten       :

Jumlah Lembar    :           16 Lembar









LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014


Membuat Program Sederhana pada Delphi

Analisa Program :

Membuat program menggunakan Delphi. Program ini dibuat menggunakan kondisi percabangan If Then Else pada Delphi. Program sederhana ini untuk mengecheck nilai UTS dan nilai UAS kemudian melihat rata-rata nilai dan gradenya dengan cara me-login sebelum mengetahui hasil nilai tersebut.
Langkah pertama yaitu membuat label, edit, dan button pada Form1. Lalu pilih New Form lalu akan muncul Form2 dan buat label, edit, dan button yang diperlukan. Maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini.





Lalu klik dua kali pada button login untuk membuat syntax pada Unit1 agar program pada Form1 dapat berjalan. Lakukan yang sama pada Form2 di button check untuk membuat syntax di Unit2. Maka tampilan akan seperti pada gambar dibawah ini.











Berikut syntaxnya :

unit Unit1;
interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TForm1 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Button1: TButton;
    Label3: TLabel;
    Button2: TButton;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

uses Unit2;

{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
If (Edit1.Text = 'Yunita Rahman') And (Edit2.Text = '59413607') Then
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
application.MessageBox('Selamat Datang Yunita Rahman','Warning');
end
Else If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Username Dan Password Anda','Warning');
end
Else If Edit1.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Username Anda','Warning');
end
Else If Edit2.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Password Anda','Warning');
end
Else
application.MessageBox('Username Dan Password Anda Tidak Valid','Warning');
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
If application.MessageBox('Apakah Anda Yakin Ingin Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then
begin
application.MessageBox('Terima Kasih :)','Selamat Tinggal');
application.Terminate;
end
end;
end.

unit Unit2;
interface
uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls, ExtCtrls;

type
  TForm2 = class(TForm)
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Button1: TButton;
    Edit3: TEdit;
    Label3: TLabel;
    Button2: TButton;
    Edit4: TEdit;
    Label4: TLabel;
    Label5: TLabel;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
    procedure Edit1Change(Sender: TObject);
    procedure Edit2Change(Sender: TObject);
    procedure Label5Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form2: TForm2;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
  uts,uas : Integer;
  Jumlah : Real;
begin
  uts := strToInt (Edit1.Text);
  uas := strToInt (Edit2.Text);
  Jumlah := (uts+uas)/2;
  Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
  If Jumlah >=80 Then
  begin
  Edit4.Text := 'A';
  End
  Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
  begin
  Edit4.Text := 'B';
  End
  Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59)  Then
  begin
  Edit4.Text := 'C';
  End
  Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then
  begin
  Edit4.Text := 'D';
  End
  Else
  Edit4.Text := 'E'
  end;
  procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Edit1.SetFocus;
end;
procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
  Key:= #0;
end;

procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
begin
Edit1.MaxLength := 3
end;

procedure TForm2.Edit2Change(Sender: TObject);
begin
Edit2.MaxLength := 3;
end;

procedure TForm2.Label5Click(Sender: TObject);
begin

end;
end.

Penjelasan program :

UNIT 1

begin
If (Edit1.Text = 'Yunita Rahman') And (Edit2.Text = '59413607') Then
Fungsi : Syntax berikut berfungsi untuk pada Form1 jika dijalankan maka harus memasukan atau menginput Yunita Rahman pada Edit1.Text username dan 59413607 pada Edit2.Text password.

 begin
    Form1.Hide;
    Form2.Show;

Fungsi : condingan diatas berfungsi untuk menampilkan Form2 ketika dijalankan tapi Form1 tidak dimunculkan saat di Run.

application.MessageBox('Selamat Datang Yunita Rahman','Warning');
End

Fungsi : Syntax diatas berfungsi untuk menampiilan kalimat pada syntax diatas ketika program berhasil di Login dengan inputan username dan password yang benar ketika program dijalankan.


            Else If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then
             Begin
      application.MessageBox('Masukkan Username Dan Password Anda','Warning');
    end

Fungsi : fungsi dari syntax ini adalah untuk menjelaskan penampilan kalimat input jika terjadi suatu kesalahan pada saat penginputan data pada username dan password.

            Else If Edit1.Text = '' Then
              begin
              application.MessageBox('Masukkan Username Anda','Warning');
              end  

Fungsi : syntax berikut berfungsi untuk menampilkan kalimat diatas jika terjadi kesalahan ketika menginput username.

             Else If Edit2.Text = '' Then
            begin
            application.MessageBox('Masukkan Password Anda','Warning');
            end  

Fungsi : codingan diatas berfungsi untuk menampilkan kalimat diatas jika terjadi kesalahan ketika menginput password.

            Else
application.MessageBox('Username Dan Password Anda Tidak  Valid','Warning');
end;

Fungsi : codingan diatas berfungsi untuk menampilkan output pada Form1 ketika input data pada username dan password yang diinputkan salah atau tidak sesuai.


procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
If application.MessageBox('Apakah Anda Yakin Ingin       Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then

Fungsi : Syntax diatas berfungsi untuk menampilkan output diatas jika kita memilih option quit.


            begin
    application.MessageBox('Terima Kasih :)','Selamat Tinggal');
               application.Terminate;
               end

Fungsi : Syntax berikut berfungsi untuk menampilkan output ketika selesai program dijalankan atau di Run.

           
UNIT 2
                       
var
uts,uas : Integer;
Jumlah : Real;
           
Fungsi : syntax berikut berfungsi untuk menjelaskan atau mendeklarasikan uts, uas berupa integer dan jumlah berupa real.

begin
uts := strToInt (Edit1.Text);
uas := strToInt (Edit2.Text);
Jumlah := (uts+uas)/2;

Fungsi : syntax berikut berfungsi untuk input data uts uas dan jumlah sehingga program dapat berjalan ketika di Run.

Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
If Jumlah >=80 Then
Edit4.Text := 'A';
End

Fungsi : syntax diatas berfungsi membuat parameter apabila jumlah data yang diinputkan bernilai lebih dari 80 maka akan mendapatkan grade A.

Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
  begin
  Edit4.Text := 'B';
  End

Fungsi : syntax diatas berfungsi membuat parameter apabila jumlah data yang diinputkan bernilai diantara 60 sampai dengan 79 maka akan mendapatkan grade B




Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59)  Then
    begin
    Edit4.Text := 'C';
    End

Fungsi : syntax diatas berfungsi membuat parameter apabila jumlah data yany diinputkan bernilai diantara 40 sampai dengan 59 maka akan mendapatkan grade C

Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <= 39)  Then
    begin
    Edit4.Text := 'D';
    End

Fungsi : yntax diatas berfungsi membuat parameter apabila jumlah data yang diinputkan bernilai diantara 20 sampai dengan 39 maka akan mendapatkan grade D

Else
Edit4.Text := 'E'
end;

Fungsi : Syntax diatas berfungsi membuat parameter apabila jumlah data yang diinputkan bernilai kurang dari 20 maka akan mendapat grade E

begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Edit1.SetFocus;
end;

Fungsi : syntax berikut berfungsi untuk menghapus pada tempat output yaitu pada Edit1, Edit2, Edit3, Edit4  sehingga tombola tau button reset pada Form2 brrfungsi menghapus output.

procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key:   Char);
  begin
  If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
  Key:= #0;
  end;

Fungsi : syntax tersebut berfungsi membuat parameter apabila jumlah data yang diinputkan bernilai kurang dari 20 maka akan mendapat grade E
procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
   begin
   Edit1.MaxLength := 3
   end;

Fungsi : syntax berikut berfungsi untuk memberi batasan bahwa hanya dapat menginput 3 variabel saja pada inputan yang dimasukkan pada edit1.

procedure TForm2.Edit2Change(Sender: TObject);
   begin
   Edit2.MaxLength := 3;
   end;

Fungsi : syntax berikut berfungsi untuk memberi batasan bahwa hanya dapat menginput 3 variabel saja pada inputan yang dimasukkan pada edit2.







Berikut tampilan program ketika di Run













Tidak ada komentar:

Posting Komentar