Senin, 23 Juni 2014

LA Praktikum ke-4 Lab TI





LAPORAN AKHIR


Mata Praktikum    :           Algoritma dan Pemrograman 2A (AP 2A)

Kelas                     :           1IA16

Praktikum Ke-      :           4 (Empat)

Tanggal                 :           23 April 2014

Materi                     :          Animasi pada Visual Basic

NPM                       :          59413607

Nama                     :          Yunita Rahman

Ketua Asisten      :           Febrian Reza

Nama Asisten      :

Paraf Asisten       :

Jumlah Lembar    :           12 Lembar









LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014

Praktikum keempat ini membuat animasi pada Visual Basic , animasi pada Visual Basic adalah merupakan sebuah gambar atau bentuk tertentu yang dapat bergerak dengan cara memasukan syntax program ke dalam penggerak gambar yang terdapat pada aplikasi Visual Basic yang disebut timer. Timer berfungsi menjalankan dan menggerakan suatu gambar.
Cara membuat Animasi pada Visual Basic
Langkah pertama adalah membuka aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 Kemudian klik menu bar Project lalu pilih Add MDI Form seperti pada gambar berikut ini.


 Gambar 1  

    
                                                                            Gambar 2

Setelah muncul gambar seperti Gambar 2 maka pilih Open lalu akan muncul MDIForm, kemudian klik kanan pada MDIForm lalu pilih MenuEditor seperti gambar pada dibawah ini.

 
Setelah memilih MenuEditor, kemudian untuk buat menubar pada MDIForm ketik File pada Caption dan ketik nFile pada Name lalu klik oke. Kemudian buat submenu dari menubar File pada MDIForm dengan mengetik Animasi pada Caption dan mengketik nAnimasi pada Name lalu klik OK. Klik Animasi lalu pilih tanda panah ke kanan agar Animasi berubah menjadi ***Animasi. Maka akan tampil seperti gambar berikut ini



Klik MenuBar File pada MDIForm lalu pilih animasi dan masukan syntax pada animasi yang akan dibuat.
Form1.Show
Syntax berikut digunakan untuk membuka Form1
Berikut syntaxnya seperti gambar dibawah ini



Kemudian buat Timer, Shape, Command Buttom, Label pada Form1 kemudian Edit menggunakan warna sesuai yang diinginkan pada Properties. Maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.





Kemudian Klik tombol Button dimana saja lalu ketikan syntax untuk Timer dan syntax pada tombol Button kanan, kiri, atas dan bawah dalam Project1-Form1(Code) seperti pada gambar berikut ini.












          
Berikut Syntax yang tertera seperti gambar di atas :


Private Sub Timer1_Timer()
Shape1.Top = Shape1.Top - 50
If Shape1.Top <= 0 Then
        Timer1.Enabled = False
        Timer4.Enabled = True
End If
End Sub

Private Sub Timer2_Timer()
Shape1.Left = Shape1.Left + 50
    If (Shape1.Left >= 7560) Then
        Timer2.Enabled = False
        Timer3.Enabled = True
End If
End Sub

Private Sub Timer3_Timer()
Shape1.Left = Shape1.Left - 50
    If Shape1.Left <= 0 Then
        Timer3.Enabled = False
        Timer2.Enabled = True
End If
End Sub

Private Sub Timer4_Timer()
Shape1.Top = Shape1.Top + 50
    If Shape1.Top >= 3840 Then
        Timer4.Enabled = False
        Timer1.Enabled = True
End If
End Sub
Private Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled = True
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Private Sub Command2_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = True
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub

Private Sub Command3_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = True
Timer4.Enabled = False
End Sub

Private Sub Command4_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = True
End Sub

Private Sub Command5_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False

End Sub

Logika Program
Analisa Program :
Program yang akan dibuat kali ini  adalah membuat program animasi menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.

Penjelasan program :
Sebeelum memasukan syntax pada Project1-Form1(Code), membuat 4 Timer , 1 label,1 Shape berbentuk lingkaran yang berwarna merah muda, dan 5 Command Button. Kemudian berilah variable pada masing-masing.

Penjelasan Syntax :

Shape1
shape yang berbentuk bulat berwarna merah muda yang digunakan sebagai objek gerak.

Command1 (atas)
berfungsi untuk mengeksekusi dan menggerakan objek ke atas.

Command2 (bawah)
berfungsi untuk mengeksekusi dan menggerakan objek ke bawah.

Command3 (kanan)
berfungsi untuk mengeksekusi dan menggerakan objek ke kanan.

Command4 (kiri)
berfungsi untuk mengeksekusi dan menggerakan objek  ke kiri.

Shape1.Top = Shape1.Top – 50

Fungsi : untuk menggerakkan shape yang berbentuk lingkaran sesuai arah ke atas yang akan dijalankan ketika program di Run.

If Shape1.Top <= 0 Then
        Timer1.Enabled = False
        Timer4.Enabled = True
End If

Fungsi : untuk menggerakan Shape1 pada Timer1 yang akan berhenti jika berada pada titik kurang dari nol, jika telah sampai pada kurang dari nol maka Timer4 akan aktif kembali sehingga Shape1 akan turun kebawah.

            Shape1.Left = Shape1.Left + 50

Fungsi : untuk menggerakkan shape yang berbentuk lingkaran sesuai arah ke kanan yang akan dijalankan ketika program di Run.
.

            If (Shape1.Left >= 7560) Then
                Timer2.Enabled = False
               Timer3.Enabled = True
           End If 

Fungsi : untuk menggerakan Shape1 pada Timer2 yang akan berhenti jika berada pada titik lebih dari sama dengan 7560 maka Timer3 akan akan aktif dan memantulkan Shape1 tersebut ke arah kiri.


            Shape1.Left = Shape1.Left – 50
           
Syntax diatas merupakan sebuah syntax yang berfungsi untuk menggerakkan shape yang telah dibikin sehingga bergerak menuju ke arah kiri .

If Shape1.Left <= 0 Then
                 Timer3.Enabled = False
                 Timer2.Enabled = True
End If

Fungsi : untuk menggerakan Shape1 pada Timer3 yang akan berhenti jika berada pada titik kurang dari sama dengan 7560 maka Timer2 akan akan aktif dan memantulkan Shape1 tersebut ke arah kanan.
                       
            Shape1.Top = Shape1.Top + 50

Fungsi : Syntax diatas berfungsi untuk menggerakkan shape yang telah dibikin sehingga bergerak menuju ke arah bawah .

            If Shape1.Top >= 3840 Then
                 Timer4.Enabled = False
                 Timer1.Enabled = True
End If

Fungsi : untuk menggerakkan Shape1 pada Timer4 akan berhenti jika pada titik yang lebihdari sama dengan nol, maka Timer1 akan aktif dan memantulkan Shape1 ke arah atas .

Private Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled = True
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Fungsi : Pada command1 menjelaskan bahwa timer yang berjalan pada command1 hanya timer1 saja, timer yang lain sisanya tidak berjalan.

Private Sub Command2_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = True
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Fungsi : Pada command2 menjelaskan bahwa timer yang berjalan pada command2 hanya timer2 saja, timer yang lain sisanya tidak berjalan.

Private Sub Command3_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = True
Timer4.Enabled = False
End Sub
Fungsi : pada command3 menjelaskan bahwa timer yang berjalan pada command2 hanya timer3 saja, timer yang lain sisanya tidak berjalan.

Private Sub Command4_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = True
End Sub
Fungsi : pada command4 menjelaskan bahwa timer yang berjalan pada command4 hanya timer4 saja, timer yang lain sisanya tidak berjalan.

Private Sub Command5_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Fungsi : pada command5 menjelaskan bawah pada command ini timer tidak ada yang berjalan.


Ketika program Animasi 1IA16 di Run (F5) maka akan menghasilkan gambar seperti pada gambar dibawah ini, ketika diklik tombol kanan maka akan berjalan ke arah kanan jika di klik tombol atas maka akan berjalan ke atas begitupun seterusnya sesuai arah yang diarahkan ketika di Run. Jika mengklik tombol stop maka lingkaran tersebut akan berhenti.

Outputnya:






   







Tidak ada komentar:

Posting Komentar