LAPORAN
AKHIR
Mata Praktikum : Algoritma
dan Pemrograman 2A (AP 2A)
Kelas : 1IA16
Praktikum Ke- : 4
(Empat)
Tanggal : 23 April 2014
Materi : Animasi pada Visual Basic
NPM : 59413607
Nama : Yunita Rahman
Ketua Asisten : Febrian
Reza
Nama Asisten :
Paraf Asisten :
Jumlah Lembar : 12
Lembar
LABORATORIUM
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2014
Praktikum keempat ini
membuat animasi pada Visual Basic , animasi pada Visual Basic adalah merupakan
sebuah gambar atau bentuk tertentu yang dapat bergerak dengan cara memasukan
syntax program ke dalam penggerak gambar yang terdapat pada aplikasi Visual
Basic yang disebut timer. Timer berfungsi menjalankan dan menggerakan suatu
gambar.
Cara membuat Animasi pada Visual Basic
Langkah
pertama adalah membuka aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 Kemudian
klik menu bar Project lalu pilih Add MDI Form seperti pada gambar berikut ini.
Gambar 1
Gambar
2
Setelah
muncul gambar seperti Gambar 2 maka pilih Open lalu akan muncul MDIForm,
kemudian klik kanan pada MDIForm lalu pilih MenuEditor seperti gambar pada
dibawah ini.
Setelah
memilih MenuEditor, kemudian untuk buat menubar pada MDIForm ketik File pada
Caption dan ketik nFile pada Name lalu klik oke. Kemudian buat submenu dari
menubar File pada MDIForm dengan mengetik Animasi pada Caption dan mengketik
nAnimasi pada Name lalu klik OK. Klik Animasi lalu pilih tanda panah ke kanan
agar Animasi berubah menjadi ***Animasi. Maka akan tampil seperti gambar
berikut ini
Klik MenuBar File pada MDIForm lalu pilih animasi dan masukan
syntax pada animasi yang akan dibuat.
Form1.Show
Syntax berikut digunakan untuk membuka Form1
Berikut
syntaxnya seperti gambar dibawah ini
Kemudian buat Timer, Shape, Command
Buttom, Label pada Form1 kemudian Edit menggunakan warna sesuai yang diinginkan
pada Properties. Maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.
Kemudian Klik tombol Button dimana saja
lalu ketikan syntax untuk Timer dan syntax pada tombol Button kanan, kiri, atas
dan bawah dalam Project1-Form1(Code) seperti pada gambar berikut ini.
Berikut
Syntax yang tertera seperti gambar di atas :
Private Sub Timer1_Timer()
Shape1.Top = Shape1.Top - 50
If Shape1.Top <= 0 Then
Timer1.Enabled = False
Timer4.Enabled = True
End If
End Sub
Private Sub Timer2_Timer()
Shape1.Left = Shape1.Left + 50
If (Shape1.Left >= 7560) Then
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = True
End If
End Sub
Private Sub Timer3_Timer()
Shape1.Left = Shape1.Left - 50
If Shape1.Left <= 0 Then
Timer3.Enabled = False
Timer2.Enabled = True
End If
End Sub
Private Sub Timer4_Timer()
Shape1.Top = Shape1.Top + 50
If Shape1.Top >= 3840 Then
Timer4.Enabled = False
Timer1.Enabled = True
End If
End Sub
Private Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled = True
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Private Sub Command2_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = True
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Private Sub Command3_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = True
Timer4.Enabled = False
End Sub
Private Sub Command4_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = True
End Sub
Private Sub Command5_Click()
Timer1.Enabled = False
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Logika
Program
Analisa
Program :
Program yang akan
dibuat kali ini adalah membuat program animasi
menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.
Penjelasan
program :
Sebeelum memasukan
syntax pada Project1-Form1(Code), membuat 4 Timer , 1
label,1 Shape berbentuk lingkaran yang berwarna merah muda, dan 5 Command Button. Kemudian berilah variable pada masing-masing.
Penjelasan Syntax :
Shape1
shape
yang berbentuk bulat berwarna merah muda yang digunakan sebagai objek gerak.
Command1
(atas)
berfungsi
untuk mengeksekusi dan menggerakan objek ke atas.
Command2
(bawah)
berfungsi untuk mengeksekusi dan
menggerakan objek ke bawah.
Command3
(kanan)
berfungsi untuk mengeksekusi dan
menggerakan objek ke kanan.
Command4
(kiri)
berfungsi untuk mengeksekusi dan
menggerakan objek ke kiri.
Shape1.Top =
Shape1.Top – 50
Fungsi : untuk menggerakkan shape yang berbentuk lingkaran sesuai arah ke atas yang akan
dijalankan ketika program di Run.
If Shape1.Top <= 0 Then
Timer1.Enabled = False
Timer4.Enabled = True
End If
Fungsi : untuk menggerakan Shape1
pada Timer1 yang akan berhenti jika berada pada titik
kurang dari nol, jika
telah sampai pada kurang dari nol maka Timer4 akan aktif kembali sehingga Shape1 akan turun kebawah.
Shape1.Left = Shape1.Left + 50
Fungsi : untuk menggerakkan shape yang berbentuk lingkaran sesuai arah ke kanan yang akan
dijalankan ketika program di Run.
.
If (Shape1.Left >= 7560) Then
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = True
End If
Fungsi : untuk
menggerakan Shape1 pada Timer2 yang akan berhenti jika berada pada titik lebih
dari sama dengan 7560 maka Timer3 akan akan aktif dan memantulkan Shape1
tersebut ke arah kiri.
Shape1.Left =
Shape1.Left – 50
Syntax diatas merupakan sebuah syntax yang berfungsi untuk menggerakkan
shape yang telah dibikin sehingga bergerak menuju ke arah kiri .
If Shape1.Left <= 0 Then
Timer3.Enabled = False
Timer2.Enabled = True
End If
Fungsi : untuk
menggerakan Shape1 pada Timer3 yang akan berhenti jika berada pada titik kurang
dari sama dengan 7560 maka Timer2 akan akan aktif dan memantulkan Shape1
tersebut ke arah kanan.
Shape1.Top = Shape1.Top + 50
Fungsi : Syntax diatas berfungsi untuk menggerakkan shape yang
telah dibikin sehingga bergerak menuju ke arah bawah .
If Shape1.Top >= 3840 Then
Timer4.Enabled = False
Timer1.Enabled = True
End If
Fungsi : untuk menggerakkan
Shape1 pada Timer4 akan berhenti jika pada titik yang
lebihdari sama dengan nol, maka Timer1 akan aktif dan memantulkan
Shape1 ke arah atas .
Private
Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled
= True
Timer2.Enabled
= False
Timer3.Enabled
= False
Timer4.Enabled
= False
End
Sub
Fungsi : Pada command1
menjelaskan bahwa timer yang berjalan pada command1 hanya timer1 saja, timer
yang lain sisanya tidak berjalan.
Private
Sub Command2_Click()
Timer1.Enabled
= False
Timer2.Enabled
= True
Timer3.Enabled
= False
Timer4.Enabled
= False
End
Sub
Fungsi : Pada command2 menjelaskan bahwa
timer yang berjalan pada command2 hanya timer2 saja, timer yang lain sisanya
tidak berjalan.
Private
Sub Command3_Click()
Timer1.Enabled
= False
Timer2.Enabled
= False
Timer3.Enabled
= True
Timer4.Enabled
= False
End
Sub
Fungsi : pada command3
menjelaskan bahwa timer yang berjalan pada command2 hanya timer3 saja, timer
yang lain sisanya tidak berjalan.
Private Sub Command4_Click()
Timer1.Enabled
= False
Timer2.Enabled
= False
Timer3.Enabled
= False
Timer4.Enabled
= True
End
Sub
Fungsi : pada command4
menjelaskan bahwa timer yang berjalan pada command4 hanya timer4 saja, timer
yang lain sisanya tidak berjalan.
Private
Sub Command5_Click()
Timer1.Enabled
= False
Timer2.Enabled
= False
Timer3.Enabled
= False
Timer4.Enabled
= False
End
Sub
Fungsi : pada command5 menjelaskan bawah pada
command ini timer tidak ada yang berjalan.
Ketika program Animasi 1IA16 di Run (F5) maka akan menghasilkan gambar
seperti pada gambar dibawah ini, ketika diklik tombol kanan maka akan berjalan
ke arah kanan jika di klik tombol atas maka akan berjalan ke atas begitupun
seterusnya sesuai arah yang diarahkan ketika di Run. Jika mengklik tombol stop
maka lingkaran tersebut akan berhenti.
Outputnya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar